Melihat
anak kecil yang sibuk dengan gadged, saat ini adalah pemandangan yang tidak
asing. Tak seperti dulu, banyak permainan yang mengasah motorik dan fisik. Saat
ini gadged telah menjangkau anak-anak untuk menghabiskan waktu bersamanya
(gadged).
Seharusya gadget adalah
hasil dari perkembangan teknologi yang memudahkan manusia. Namun gadged juga membawa
dampak positif dan negatif bagi penggunanya,
tak terkecuali anak-anak. Gadget kini bukan sekadar perangkat elektronik
berfungsi khusus, bukan hanya telepon genggam dan laptop. Televisipun dapat
dikategorikan sebagai gadged. Semua perangkat elektronik yang dapat diupdate
dan memancarkan radiasi dari layarnya.
Secara
fisik, gadged dapat menimbulkan kerusakan dan berdampak negatif pada
psikomotorik, saraf, dan kejiwaan pemakainya. Jika anak-anak terlalu banyak
berinteraksi dengan gadget berlayar
seperti telepon genggam, televisi, laptop, dan tablet, kesempatan mereka
mendapatkan informasi melalui indera akan sangat sedikit.
Oleh karenanya dibutuhkan peranan
orangtua dalam mewaspadai pengaruh negatif gadget pada
anak. Menurut Abyz Wigati, ada sembilan cara yang dapat diterapkan dalam mengarahkan gadget untuk
aktivitas positif anak.
- Membuat kesepakatan bersama anak, kapan dan dimana gadget boleh digunakan. Hal ini dilakukan agar anak dapat memahami waktu pemakaiannya.
- Mengajak anak menentukan informasi yang paling ingin diakses melalui gadget sesuai usianya.
- Menemani dan membimbing bimbing anak saat mencari informasi melalui gadget.
- Mendampingi anak saat mencoba hal baru yang ditawarkan gadget dan menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya, memindahkan games memasak favorit anak ke dapur dan merealisasikan dalam wujud nyata. Anak pun paham gadget juga bermanfaat untuk belajar memasak.
- Perbanyak cerita agar imajinasi anak menari seiring keindahan teknologi yang ditawarkan gadget.
- Luangkan waktu setiap hari untuk membicarakan gadget bersama anak, terutama ketika anak masih balita.
- Berikan apresiasi pada setiap hal positif yang dilakukan anak dengan gadgetnya agar anak semakin bersemangat melakukan hal positif
- Temukan ketertarikan yang bisa mendukung bakal kehidupan anak di masa depan melalui gadget.
- Berikan contoh penggunaan teknologi informasi yang sehat karena orangtua adalah panutan anak di segala hal. Misalnya, menggunakan media sosial sebagai alat dalam berkomunikasi atau menggali informasi.
0 Comments